One Cup Black Coffee

Search Tutorial

Result Tutorial

Rabu, 18 Juni 2008

Perkenalan IDE dari JAVA

IDE pertama yang saya pakai dalam membangun sebuah application JAVA yaitu Netbeans . waktu itu saya sedang membangun application J2ME. Dimana IDE Netbeans ini sangat mudah dimengerti oleh orang awam dan juga mempunyai kelengkapan secara fundamental. seperti sudah tersedianya J2EE, J2SE, J2ME.. Bisa di katakan lengkap lah ... :p

Dengan menggunakan Netbeans untuk sebuah application J2ME jadilah sangat mudah. anda cukup hanya dengan drag and drop. Begitu pula terjadi pada application untuk bagian J2SE yang dibangun dengan menggunakan IDE dari Netbeans.

Kalau temen2 pernah menggunakan VB6.. nah Netbeans ini mirip sekali dengan VB6. didalam site Netbeans juga ada beberapa macam tutorial.

Ada juga IDE yang tidak kalah menarik adalah Eclipse IDE ini biasa saya gunakan dalam membangun application berbasiskan J2EE. Pertama kali pakai Eclipse awalnya agak membingungkan tapi setelah sekian lama.. saya jadi mulai terbiasa dengan shortkey2 dari Eclipse itu sendiri.

Ada Juga IDE JAVA yang bayar loh... nah IDE ini paling mudah digunakan.. tapi sayang sekali kita mesti cari CRACK nya dulu sebelum memakai nya.. namanya IDEA ...

Nah sekarang tergantung dari temen2 mau pilih IDE yang mana yang akan dipakai untuk develope application dari Java..


Written By

~ Donny Lie ~

Tidak ada komentar: